Home / pengobatan herbal / Nyeri pada buah zakar sebelah kiri

Nyeri pada buah zakar sebelah kiri

Testis atau disebut juga biji pelir merupakan aset utama seorang laki-laki. Karena memang fungsinya yang sangat vital, Testis bertanggung jawab atas produksi sel sperma yang diperlukan untuk membuahi sel telur wanita. Untuk itu sangat wajar apabila laki-laki sangat khawatir ketika menderita hal yang aneh pada testis mereka. Salah satunya yang paling umum ialah memiliki testis atau biji pelir yang besar sebelah dan tidak sama ukurannya antara yang kiri dan kanan.

Pengertian kanker testis.

Kanker testis adalah kanker yang terjadi ketika sel-sel mulai tumbuh secara abnormal pada bagian testis. Kanker testis adalah jenis kanker yang cukup langka, tapi kondisi ini paling sering menjangkiti pria pada usia 15-49 tahun. Testis atau buah zakar adalah organ seks pria yang berbentuk oval yang berada di dalam skrotum atau kantong kemaluan. Testis adalah bagian penting dalam sistem reproduksi pria karena organ inilah yang menghasilkan hormon testosteron dan sperma. Kedua produk dari testis ini memiliki peran yang vital dalam perkembangan dan fungsi seksual seorang pria.

Penyebab kanker testis.

Kebanyakan kasus kanker testis tidak memiliki penyebab yang jelas dan pasti. Kanker testis terjadi ketika sel-sel di dalam testis berkembang secara abnormal sehingga sel-sel tumbuh tanpa bisa dikendalikan. Selanjutnya akan terus berkembang di luar kontrol, meski tubuh tidak membutuhkan sel-sel baru. Meski belum diketahui dengan jelas penyebab kanker testis atau nyeri pada buah zakar sebelah kanan, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker testis.

popular  obat tradisional rematik | obat kolesterol dan asam urat
  • Testis tidak turun (kriptorkismus). Testis dibentuk di abdomen dan biasanya turun ke dalam skrotum setelah bayi laki-laki dilahirkan atau pada setahun pertama hidupnya. Pada kasus anomali, testis tidak turun. Istilah medis untuk kondisi ini adalah undescended testicle atau kriptorkismus. Penanganan yang bisa dilakukan adalah prosedur operasi. Jika operasi dilakukan sebelum sang anak berusia 13 tahun, maka kemungkinan bagi dirinya untuk mengalami kanker testis akan meningkat hingga dua kali lipat. Namun, bila operasi dilakukan setelah usia 13 tahun, risikonya meningkat lima kali dibanding populasi normal.
  • Pernah menderita kanker testis. Bagi pria yang sudah pernah mengalami kanker testis disarankan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan setelah pengobatan. Mereka 12 kali lipat lebih berisiko untuk mengalaminya lagi pada sisi testis yang lain.
  • Riwayat kesehatan keluarga. Jika terdapat anggota keluarga, seperti ayah dan  saudara kandung laki-laki yang mengalami kanker testis, maka peluang Anda mengalami kondisi ini juga akan meningkat.
  • Usia. Kanker testis lebih cenderung terjadi pada usia 15-49 tahun dengan kasus yang terbanyak terjadi pada pria usia 30-34 tahun. Meski begitu, tetap tidak menutup kemungkinan untuk muncul pada usia berapa pun.
  • Ras. Kanker testis lebih cenderung terjadi pada pria kulit putih daripada kulit hitam.
  • Merokok. Orang yang merokok secara aktif dalam jangka waktu yang lama berisiko dua kali lipat menderita kanker testis.
  • HIV dan AIDS. Penderita kondisi yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia ini juga rentan mengalami kanker testis.
  • Tinggi badan. Berdasar penelitian pada tahun 2008, tinggi badan seorang pria berpengaruh terhadap peluang seseorang mengalami kanker testis. Makin tinggi seorang pria, maka peluangnya mengalami kanker testis makin besar dan sebaliknya juga. Berdasarkan penelitian tersebut, kaitan antara tinggi badan dengan risiko terkena kanker dapat dilatarbelakangi oleh faktor makanan yang dikonsumsi. Anak berbadan tinggi mungkin lebih banyak makanan tinggi kalori saat masa pertumbuhan, terdapat kemungkinan efek samping dari makanan ini akan meningkatkan risiko terkena kanker testis.
  • Pertumbuhan testis yang abnormal. Kondisi seperti sindrom Klinefelter bisa menyebabkan testis tidak bisa berkembang secara normal dan meningkatkan risiko Anda mengalami kanker testis.
popular  lubang anus seperti bengkak

Gejala-gejala kanker testis.

  •     Adanya benjolan atau pembesaran di salah satu testis
  •     Buah zakar berat sebelah
  •     Rasa sakit di perut atau selangkangan
  •     Adanya timbunan cairan dalam skrotum
  •     Rasa sakit atau ketidaknyamanan di testis atau skrotum
  •     Payudara membesar

Kanker testis biasanya hanya dialami oleh satu testis. Segera periksakan diri ke dokter bila Anda merasa sakit, bengkak atau muncul benjolan di testis atau daerah selangkangan, terutama jika tanda-tanda dan gejala berlangsung hingga lebih dari dua minggu.

Kanker testis dikelompokkan menjadi.

1. Seminoma : 30-40% dari semua jenis tumor testis.
Biasanya ditemukan pada pria berusia 30-40 tahun dan terbatas pada testis.

2. Non-seminoma : merupakan 60% dari semua jenis tumor testis.
Dibagi lagi menjadi beberapa subkategori:

  • Karsinoma embrional : sekitar 20% dari kanker testis, terjadi pada usia 20-30 tahun dan sangat ganas. Pertumbuhannya sangat cepat dan menyebar ke paru-paru dan hati.
  • Tumor yolk sac : sekitar 60% dari semua jenis kanker testis pada anak laki-laki.
  • Teratoma : sekitar 7% dari kanker testis pada pria dewasa dan 40% pada anak laki-laki. – Koriokarsinoma.
  • Tumor sel stroma : tumor yang terdiri dari sel-sel Leydig, sel Sertoli dan sel granulosa. Tumor ini merupakan 3-4% dari seluruh jenis tumor testis. Tumor bisa menghasilkan hormon estradiol, yang bisa menyebabkan salah satu gejala kanker testis, yaitu ginekomastia.

Faktor resiko.

Penyebab pasti dari kanker testis tidak diketahui, tetapi ada faktor risiko tertentu untuk penyakit ini. Suatu faktor risiko adalah apa saja yang meningkatkan kesempatan seseorang terkena penyakit. Faktor risiko untuk kanker testis meliputi:

  •  Kanker testis dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling sering terjadi pada pria antara usia 15 dan 40
  • Testis tidak turun. Ini adalah suatu kondisi di mana testis tidak turun dari abdomen (di mana mereka berada selama perkembangan janin) ke skrotum sesaat sebelum kelahiran dan merupakan faktor risiko utama untuk kanker testis.
  • Sejarah keluarga. Sebuah riwayat keluarga kanker testis meningkatkan risiko
  • Ras dan etnis. Risiko kanker testis pada pria kulit putih lebih dari lima kali lipat dari laki-laki kulit hitam dan terjadi lebih sering dua kali lipat dari pria Asia

Tips Mencegah Kanker Testis

Untuk mencegah kanker testis atau nyeri pada buah zakar sebelah kanan, semua orang harus akrab dengan ukuran dan nuansa testikel mereka sehingga mereka dapat mendeteksi perubahan. Merasakan sendiri benjolan awal merupakan faktor penting dalam keberhasilan perawatan kanker testis.

Pengobatan secara tradisional.

Jangan sembarangan mengobati penyakit kanker testis ini, karena jenis penyakit ini memiliki resiko yang sangat tinggi bila terjadi apalagi jika di biarkan begitu saja. banyak jenis obat yang bisa di gunakan oleh penderita kanker testis, namun hal itu harus di konsultasikan pada dokter, di pastikan membutuhkan biaya yang mahal di bandingkan dengan lainya. tidak semua orang bisa melakukanya. Dan lebih baik anda menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari tanaman tradisional, karena cara ini tidak memiliki resiko tinggi dan siapapun bisa mengkomsumsinya. 

 BERSETIFIKAT HALAL DARI MUI

Kelebihan belanjar online di De Nature :

popular  Sakit pada buah zakar sebelah kanan

Setiap penyakit berbeda obatnya, Obat kami khusus untuk penyakit itu sendiri
Harga lebih murah
Tanpa perlu pergi ke dokter
Tidak perlu di suntik
Kualitas terbaik
Masa penyembuhan sangat singkat
Obat di kirim melalui tiki,jne dan pos

BUKTI RESI PENGIRIMAN

UNTUK KONSULTASI DAN PEMESANAN OBAT

HUBUNGI KAMI

NO.HP.0813 2663 8789

0858 7038 9379  ( WHATSAPP )

PIN BBM : 575B84F5

CARA PEMESANAN

 SUMBER : PENYEBAB BUAH ZAKAR BENGKAK SEBELAH 

About Trio Junior

Check Also

Tanaman Obat untuk Mengatasi Sering Kesemutan di Tangan dan Kaki

Tanaman Obat untuk Mengatasi Sering Kesemutan di Tangan dan KakiBACA SELENGKAPNYA1 Tanaman Obat untuk Mengatasi …